Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, January 18, 2009

Mencegah Flash Disk atau HDD supaya tidak kena virus

Sunday, January 18, 2009
Kebanyakan virus menular atau menginfeksi sebuah media penyimpanan baik harddisk ato yang lainnya melalui sebuah script yang bekerja secara otomatis apabila kita jalankan Windows lewat jalur file AUTORUN.INF.

Eh…setelah bosen kena virus terus, akhirnye ane baru tau, ternyata sebagian besar virus/Trojan bakalan gak bias masuk kalo file AUTORUN.INF kita akali (buat file AUTORUN.INF disetiap drive partisi kita (khusus windows…kalo linux lom ngerti…hiks)

Langkahnya ternyata amat sangat sederhana banget kate guru ane waktu skull dulu:

1. Buka Notepad temen-temen semua.
2. Terus simpen Notepadnye dengan nama AUTORUN.INF Di root directory dari semua partisi ato flash disk temen-temen semua.
3. Klik kanan file AUTORUN.INF yang tadi dibuat ‘n rubah properties nye jadi "Read Only" dan "Hidden".
4. Selesai.


Kelemahannya yang wajib diperhatikan adalah:
1. Jika user menjawab YES pada peringatan replace file, maka autorun.inf akan tergantikan dengan autorun.inf yang dibuat oleh virus. Untuk mengatasi ini ada yang menyarankan menggunakan membuat autorun.inf bukan sebagai file tapi folder

2. Bisa saja pembuat virus melakukan suatu rekayasa sosial sehingga tidak nampak mengganti autorun.inf, untuk mengatasi ini gunakan software utility USB Disk Utility bisa memberikan kekebalan FD anda.

3. Cache icon pada windows menyebabkan kita tidak bisa mengetahui perubahan file autorun.inf dengan cepat melalui icon yang berubah. Sistem operasi harus direstart terlebih dahulu untuk menghilangkan cache.

4. Ada program otomatis versi windows yaitu USB DISK SECURITY silakan download di : http://www.ziddu.com/download.php?uid=aqqilpupaK6glpSlsqyZlJyiZLGWlJan4 program langsung mencegah file autorun masuk ke komputer anda.

Selamat mencoba, moga virus g mampir lagi….:)

0 comments:

Post a Comment

 

Berita Terkini