Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday, September 3, 2010

MEMBUAT ACRONIS TRUE IMAGE BOOT MELALUI FLASHDISK

Friday, September 3, 2010
terkadang dengan membaca artikel ini anda akan bertanya tanya , untuk apa menggunakan flash disk kalau menggunakan cd room aja udah cukup .. eittzzz. jangan bertanya demikian , mengapa ? pernahkah anda memiliki sebuah netbook atau komputer yang tidak ada cd-room nya ? boot menggunakan flash disk sangatlah berguna untuk komputer yang demikian .. dengan menggunakan boot melalui flash disk. banyak keuntungan yang kita dapat.Di antaranya adalah:

1.sangat praktis karena ukurannya, dapat disimpan dalam saku
2.flashdisk adalah alat penyimpan data dan kita bisa leluasa mengubah isi dari flashdisk kita
sehingga flash disk kita memiliki 2 keuntungan , menjadi bootable dan sebagai penyimpan data.

jika kita takut kehilangan data boot dari flash disk kita , tinggal di hidden aja atrributenya dan banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan flash disk bootable ini.

cara untuk membuat flash disk bootable sebenarnya sangatlah banyak. bisa menggunakan aplikasi ataupun cara manual. cara yang menggunakan aplikasi bisa menggunakan hp-usb format.Aplikasi ini berguna untuk mem-format flash disk dan membuat partisi agar flash disk dapat dikenali dalam sistem bios komputer.sedangkan cara manual memiliki fungsi yang sama dengan dengan di atas . untuk cara manual kita bisa masuk melalui aplikasi berbasis dos yang sudah dibenamkan dalam komputer kamu. yupz bener banget , cmd… jika masih belum tahu klik aja start – run – ketikkan cmd dan jangan lupa untuk menekan enter. ( saya mempraktekannya menggunakan windows vista dan seven,untuk os under vista lebih baik menggunakan aplikasi usb format ). jangan lupa untuk menjalankannya sebagai administrator (run as administrator) .dan jangan lupa , colokin dulu flashdisknya
ketikkan :

1. diskpart ( abis baris ini jangan lupa untuk klik enter yach .! )
2. list disk ( command ini berfungsi untuk melihat daftar disk yang ada pada komputer kamu . )
3. select disk 1 ( dengan asumsi bahwa angka 1 adalah flash disk kamu ,untuk mengenali itu bener bener flash disk kamu atau bukan , inget inget ukuran flashdisk kamu )
4. clean ( command ini berfungsi untuk mengapus boot sector pada flash disk kamu jika sebelumnya sudah ada boot sector di flash disk kamu )
5. create partition primary ( membuat partisi flash disk , umumnya komputer dapat mendeteksi flash disk jika ada partisi yang terpasang di disk )
6. select partition 1 (udah , ikutin aja )
7. active( dari comandnya aja udah ketauan )
8. format fs=fat32( memformat flashdisk, pada label fat32 bisa juga diganti dengan format lain , misalnya ntfs. tetapi untuk membuat flashdisk bootable format flash harus minim fat. jadi saya sarankan untuk menggunakan fat32 )
9. assign ( memerintahkan komputer untuk segera membaca flashdisk kita , jika muncul autorun pada komputer berarti kamu dapat nilai 100 , he he )
10 exit ( dah pasti artinya keluar dari command disk part )
oke bro ,, semua persiapan udah beres ,, saatnya menjalankan aplikasi acronis true image di komputer ,,, ( ya emang di komputer , kalo di angkringan mending makan aja , jadi kenyang , he he )

sorot mouse kamu pada tool – create bootable rescue media ,, selanjutnya klik next terus aja ampe pada opsi bootable media selection. nyante aja bro , gak ada yang bakal gigit kamu kok , mungkin nyamuk2 yang lagi kelaparan minta sumbangan darah ,, wckwckwck

pilih removable disk .. dan klik next .

abis itu tinggal klik proceed aja bro

sebenernya pada tahap ini udah dianggap selesai . cuma tinggal nunggu copy file ajja .
jangan lupa ya untuk men-setting bios untuk first, second , third bootnya menggunakan usb-fdd , usb-zip dan first boot priority nya . flash disk kamu ditempatkan pada urutan pertama .. karena boot komputer biasanya akan menjalankan boot pada urutan pertama.
nah sekarang flash disk kamu udah bisa untuk membackup data dan os kamu ..ini perlu diingat ,, biasanya para tehnisi komputer menggunakan ini untuk menginstall netbook atau juga bisa untuk menginstall komputer untuk banyak kompi .. misalnya warnet , kantor, dsb.

oh iya ,, hampir lupa ,, cara ini juga bisa digunakan untuk membuat installer windows 7 maupun windows vista ke dalam flash disk.

caranya yaitu ,, setelah kamu selesai membuat job di atas , jangan keburu kamu tutup jendela cmd kamu .. ,masukkan dvd installer windows vista/ 7 kamu .
kemudian ketikkan cd d:\boot ( dengan asumsi bahwa d: adalah letak drive dvd installer kamu .. ganti aja ama letak drive dvd intaller kamu .. cara untuk mengetahui letak drive kamu tanpa harus aku kasih tau seharusnya udah tahu .. masih belum .. waduh .. parah ,, pake windows explorer gan )
bootsect/nt60 g: ( dengan asumsi bahwa g: adalah letak drive flash disk kamu .. )

kemudian copy semua file installer ke flash disk kamu
jangan lupa ya untuk men-setting bios untuk first, second , third bootnya menggunakan usb-fdd , usb-zip dan first boot priority nya . flash disk kamu ditempatkan pada urutan pertama .. karena boot komputer biasanya akan menjalankan boot pada urutan pertama.

oke bro this is my sharing dalam bulan ini. thank to mr.J yang jadi inspirasi untuk belajar membuat flashdisk bootable Source

4 comments:

FAHMI CHAERUDIN said...

ada kah caranya??

fikaz brain said...

@FAHMI CHAERUDIN : maaf mas, kemaren lum sempet diperbaiki blognya, sekarang dah lengkap...

Christian Kyong said...

wih keren, ini yang aku cari2 selama ini. kocak banget Gan. salam kenal yak..

Anonymous said...

'sorot mouse kamu pada tool – create bootable rescue media' yang dimaksud tool disini tool yang mana?

Post a Comment

 

Berita Terkini